2 Komentar

College Logic! Kuliah be like


IMG_3069

Tahun ajaran baru kayak gini memang lagi musim musimnya MaBa (Mahasiswa Baru), seleksi masuk ala Univ. Negeri sudah beberapa bulan yang lalu serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Yang enggak lolos lagi sibuk sibuknya nyoba keberuntungan di Univ. Luar Negeri, beberapa ada yang tetep nekat masuk Negeri walau kadang seleksinya udah pake yang namanya uang gituh.

Buat maba, banyak pelajaran penting yang harus dan mau nggak mau sebagian besar dari kalian wajib bertahan atas segala kemungkinan bencana yang akan menimpa jiwa dan raga. Relax, itu baru awal looh. Nikmatin, dan kalian akan lulus sesegera mungkin. Hal utama yang sangat penting yaitu persiapan mental buat jauh dari orang tua. Yah, kuliah itu rata rata adalah belajar mandiri, terutama yang nekat merantau untuk sebuah gelar itu, bahkan belajar mandiri juga wajib dilakukan anak anak yang kuliahnya deket kampung halamannya sendiri.

Biasanya (bagi yang rada sadar), saat kuliah mulai muncul rasa ingin punya penghasilan sendiri. Rata rata berpikiran seperti itu, tapi sebagian besar juga enggan menggerakkan badan untuk bekerja, terutama jika diberi saku berlebih oleh orang tua. Sah sah saja, jika kalian memilih untuk bekerja sambil kuliah, namun ingat selalu bahwa jauh jauh orang tua merelakan kita pergi itu untuk mendapatkan gelar sarjana secepat mungkin, do’a mereka selalu di sana. So, porsi bekerja tidak boleh lebih dari porsi kita kuliah, bahkan berimbang pun tidak boleh, karena istirahat juga harus dipikirkan.

Okeh, Maulz baru saja memasuki semester 3, jadi belum banyak pengalaman. Tapi, berbagi cerita bukanlah jadi masalah. Btw, Maulz adalah mahasiswa perantau, dan selama kuliah belum pernah pulang kampung, dan Maulz juga bekerja sambil kuliah. Uang orang tua sebenernya sangat cukup untuk kehidupan sehari hari, tapi Maulz bekerja untuk mendapatkan uang lebih agar bisa nikmatin hiburan ala kadarnya di negeri orang, Maulz enggak mau make uang orang tua buat hura hura soalnya.

Beberapa hal yang sering muncul menjelang masuk perkuliahan Maulz rangkum disini beserta beberapa solusi yang biasa Maulz gunain sendiri (berdasarkan pengalaman pribadi) antara lain:

1. Goodbye Family, Goodbye Old Friend

PG0J9_PHTW5

Sebuah hal yang lumrah, sebagian besar anak yang kuliah harus mengucapkan selamat tinggal dengan keluarga dan teman lamanya. Tenang, ini untuk kebaikan masa depanmu juga, dan ini salah satu jalan untuk membahagiakan mereka kelak. Awal awal kuliah, kamu akan sangat sering merasakan yang namanya kangen rumah, dan mungkin saja sering nangis atau ngomong atau bikin status “pengen pulang”, “enggak betah”, “bla.. bla… bla.. pertama kali tanpa orang tua” dan lain sebagainya. Wajar, kamu belum kenal sepenuhnya di mana kamu berada. Pada dasarnya kamu sebenernya bisa dengan cepat bertahan dalam situasi ini, coba dipikir walaupun biasanya tinggal bareng orang tua tapi seberapa sering kamu deket sama mereka?, dalam banyak kasus, semakin dewasa kamu semakin berjarak dengan orang tua, paling ngomong akrab kalo lagi ada maunya.

Luapkan saja rasa kangen itu. Menangis, ga masalah, sekalipun kamu cowok. Lama lama akan terbiasa, dan kamu akan tumbuh kuat. Oh ya, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menikmati hal hal yang ada di tempat barumu itu, bersama teman barumu tentunya. Sering sering akan membuatmu merasa akrab dan betah, walaupun enggak sepenuhnya betah. Saat saat seperti itulah, sebagian besar dari kamu akan merasa bahwa kampung sendiri jauh lebih baik, walaupun dulunya saat masih di kampung halaman, tidak banyak hal yang bisa kamu banggakan.

2. Sibuk

BlOGIE8IMAA2lsH

Sibuk, so pasti. Mau nggak mau, kamu bakalan sering kaget dengan jadwal jadwal yang jauh berbeda saat kamu di SMA (sederajat). Kata orang, sibuk atau enggaknya kamu kuliah itu tergantung jurusannya. Maulz membenarkan ini, namun intinya semunya tetep sibuk dan sesuai dengan ranah kesibukannya. Maulz contohkan saja, untuk jurusan Hukum, Keguruan, Psikologi, lebih sebuk memahami setumpuk buku yang ketebalannya dapat menurunkan semangatmu seketika bagi yang yang tidak tebiasa. Di Jurusan Pertanian, Peternakan, Perikanan, Ilmu Pangan, dan Kehutanan, dan Teknik yang berhubungan dengan alat, kamu akan lebih sibuk bekerja di lapangan dibandingkan di kelas. Untuk yang berkecimpung di dunia kesehatan dan kedokteran, kamu nggak hanya sibuk dengan bukumu, tapi praktikum dengan seabrek alat dan bahan di laboratorium. Untuk anak IT, udah sumurnya kuliah nggak akan bisa jauh dari komputer dan kreativitas. So, tiap jurusan punya ranah sibuknya masing masing.

Kunci biar bertahan adalah nikmatin. Kalo kamu anggap beban, ya selamanya setiap kesibukan kamu akan ngerasa itu beban. Misalnya saja bagi kamu yang kuliah di jurusan tertentu dengan alasan keinginan orang tua yang berlawanan dengan maumu. Bagaimanapun, setiap hal punya keindahan sendiri.

Maulz adalah orang yang dulu ingin sekali kuliah di IT, atau Komunikasi, atau Grafis, atau Jurusan Broadcasting. Tapi, orang tua nggak ngijinin dengan alasan “mau kerja apa?”, maunya orang tua Maulz belajar di ilmu kesehatan atau di perminyakan. Secara “otak”, Maulz insyallah mampu di jurusan yang dianggap berat bagi sebagian besar orang itu, tapi Maulz enggak punya minat, sama sekali malah. Secara tipikal, Maulz adalah orang yang berjiwa senin, dan rada santai gitu. Maulz akhirnya menolak keputusan orang tua, option lain yang sejalan dengan pemikiran ortu adalah Pertanian, jadilah Maulz berenang di jurusan Agroteknologi saat ini. Nggak buruk, nikmatin. Apalagi dicampur dengan jiwa seni Maulz, pertanian ternyata cocok😛 . .

3. Halangan dan Tantangan

BlioHAdIgAIMmW8Ada ada saja hal yang mengganggu konsentrasimu untuk serius kuliah. Terutama rasa ingin bersenang senangmu yang sulit untuk dibendung, apalagi di bioskop ada film keren. Nggak nutup kemungkinan kamu akan milih bolos kuliah daripada kehilangan acara nonton perdana film kesukaanmu. Untuk menantang hasratmu yang gila ini, itu tergantung kamunya sendiri. Saran Maulz, biasakan membatasi uang yang setiap saat kamu bawa, biarpun kamu punya uang lebih, biasakan membawa hanya sedikit, atau secukupnya, sisanya bisa disimpen atau ditabung, dengan cara itu, akan mengurangi, walaupun ga bisa ngilangin hasratmu itu.

4. Amburadul dan Kacau

BlinbRGIAAAF1DH

Seabrek jadwal kuliah akan membuatmu pusing, ditambah dengan jadwal jadwal lain tentang pertandingan futsal melawan kelas sebelah, jadwal kamu harus belajar, dan kamu akan sering lupa makan atau makan telat, jadwal shalatmu mungkin akan kau tinggalkan begitu saja. Mengatasi hal ini, kamu harus belajar mengatur diri, mengatur waktu. Cara mudahnya kamu bisa membuat list yang bagus tentang jadwalmu tiap harinya dan tiap jamnya, misalnya harus bangun jam 5 pagi dan shalat subuh, sarapan jam 6, makan siang jam 12, belajar jam 7 malam, dan sebagainya. Kamus harus belajar mengatur diri sendiri dengan mematuhi jadwal yang kamu buat sendiri. Ikut organisasi di kampus akan membuatmu bisa belajar untuk mengatur orang lain dan memngatur waktumu. Ikutilah organisasi yang sesuai dengan minatmu, enggak mesti yang sesuai dengan jurusanmu.

5. Target Kedepan

BkajOAVIAAAdLXc

Biarpun kuliah, kamu harus punya target, baik target yang harus kamu capai selama kuliah, atau target yang akan kamu capat setelah kuliah, misalnya kamu harus lulus 3,5 tahun, atau kamu harus dapat beasiswa, dan punya penghasilan sendiri. Buat sebanyak mungkin, dan tempel di kamarmu di tempat yang sering kau lihat. Coret yang sudah berhasil kamu capai, dan kamu akan menangis ketika tempelan itu hanya tinggal sebuah coretan karena kamu telah mencapai apa yang kamu inginkan. Dengan, menempel dan kamu akan sering melihatnya, secara tidak langsung, kamu akan berusaha agar semuanya tercapai.

Di atas itu semua, kamu harus cukup istirahat. Tugas tugas akan sering membuatmu lembur, tapi jangan sampai kamu mengorbankan waktu istirahatmu, karena itu yang terpenting. Salam satu jiwa, sampai ketemu di kampus🙂

BlOGdKdIMAAi8We

2 comments on “College Logic! Kuliah be like

  1. Subhanallah, terimakasih telah berbagi pengalaman,sangat memotivasi.🙂

  2. Harus bisa membagi waktu antara kuliah dan waktu biasa.😀

Tinggalin jejak dengan ngisi komentar ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: