1 Komentar

Berhasil Tercoret


Bestari

Aku ingat masa masa awal sebelum aku singgah di negeri orang ini. Bagaimana aku merencanakan harus melakukan apa, harus berteman dengan orang yang seperti apa, mempersiapkan kamar dengan tipe apa, apa apa saja yang wajib ku capai, bahkan baju seperi apa yang harus aku pakai. Banyak hal sudah tertulis dalam catatan kecil yang selalu aku bawa itu.

Kini tertempel. Kini lengket di pintu lemari kosan lama aku yang sampai hari ini belum sempat aku cabut walaupun sudah beranjak ke kediaman baru yang lebih tenang.

Aku menangis terkadang mengingat hal hal dulu. Awalnya, aku yang ingin kuliah di Bandung ternyata tidak terwujud dan akhirnya melayang ke Malang. Jogjakarta, juga pernah jadi pilihan yang melekat cukup lama dalam sanubari aku dulu.

Di Bandung, aku punya sahabat di sana. Maksudku dia kuliah di sana, dimana dulu sempat berencana tinggal bareng dan setidaknya buka toko olahraga atau spare parts lah. Aku juga bisa buka workshop di sana, melanjutkan bisnis yang udah aku jalanin sejak tahun 2011 lalu.

Di Jogjakarta, ada D4 di sana. Yah, awalnya semua di sana, walaupun sekarang tinggal Dika. Selalu aku ingat bagaimana kami berempat membangun sebuah rencana besar, membuat perusahaan di negeri orang yang bernama D4, dan saat ini aku membuat dan menjalankan perusahaanku sendiri yang aku beri nama D4 Industries.

Di Malang akhirnya aku berlabuh. Yah, aku bisa murni bilang ini karena tersesat alur SNMPTN yang menyebalkan. Tapi, tetap saja Malang jadi kota yang sama sekali tidak membuatku menyesal lalu menghilang.

Sebelum berangkat ke Malang, aku juga sudah menyiapakn sejuta list yang ingin aku capai di sini. Yah, awalnya hanya sekedar tulisan, tapi melihat satu persatu tulisan itu tercoret, ada kepuasan tersendiri. Aku menangis bangga pada diriku sendiri.

Beberapa daftar yang aku rencanakan sebelum ke Malang :

1. Tinggal di kontrakan
2. Kerja di media massa
3. Bikin workshop sendiri
4. Belajar mengendarai mobil di Jalan
5. Uang jajan cukup pake uang sendiri
6. Dapet beasiswa
7. Kuliah di luar negeri
8. Wajib tidak ninggalin sholat lagi
9. Wajib khatam Quran minimal 1 kali satu tahun
10. Tampil sesering mungkin di acara besar
11. Dan masih banyak lagi rencana lainnya

Aku menangis ketika aku berada di hari dimana aku mencoret rencana “kerja di media massa” pada awal Juni 2014. Walaupun hanya setingkat kampus, tapi itu adalah pencapaian yang sangat membuat aku bangga, tidak terlintas sekalipun dulunya untuk aku mencapai rencana tersebut.

Beberapa poin sekarang berhasil tercoret, dan trencana rencana itu terus bertamabah seiring waktu aku di sini. Aku senang berencana, walaupun terasa tidak mungkin pada awalnya, namun aku paham satu hal, mewujudkan rencana itu adalah hal yang paling penting, menuliskan rencana itu adalah hal yang jangan sampai aku lewatkan. Manusia lupa, dan aku juga lupa. Aku menulisnya, aku tidak lupa.

One comment on “Berhasil Tercoret

Tinggalin jejak dengan ngisi komentar ya

