1 Komentar

Balada Diskon dan Strategi Jujur


20121224-00239
#persepektifmahasiswapengusaha

Setiap perayaan akhir dan awal tahun, di mall mall manapun dibanjiri penduduk pemburu kebutuhan pribadi. Karton karton persegi berwarna berukuran sedang menghiasi setiap tumpukan barang barang yang dijual saat itu. Orang orang mengenalnya dengan diskon, atau potongan harga. Bicara mengenai diskon, tidak hanya di mall mall saja, namun banyak toko dan butik menerapkan “strategi” diskon ini. Secara tidak sengaja, kata diskon hanyalah sebuah strategi pasar, jarang yang betul betul memberikan diskon secara penuh, apalgi benar benar seperti apa yang ditulis. Misalnya, harga sebuah tas yang dicantumkan adalah 400rb rupiah dengan diskon 50%, maka  pembeli akan membayar sebuah tas itu dengan harga 200rb rupiah. Sekilas, mungkin beberapa pembeli akan berpikir apakah tidak rugi penjualnya?, atau apakah selama harganya mahal penjualnya mengambil untuk banyak sehingga tidak laku?. Tapi, itu tidak akan terlalu dipermasalahkan, yang terpenting adalah mendapatkan barang yang “mahal” dengan harga yang murah. Secara sadar, bagi yang pernah atau sedang menjadi seorang “penjual” yang memiliki rasa “kasihan”, maka rasanya tidak tega untuk mengambil keuntungan sampai dengan 100% dari modal, karena itu sama dengan riba, dan riba itu haram hukumnya dalam Islam.

Namun, akar masalahnya di mana?

Sekali lagi ingat, diskon itu adalah strategi.
Jika pembeli dapat mencerna dan mencermati baik baik pola diskon ini, maka banyak hal yang akan ditemukan. Perhatikan harga, itu kuncinya. Jika diperhatikan, maka harga sebelum diskon dan setelah diskon itu tidak jauh berbeda. Bingung?, ya Maulz juga bingung. Gini deh biar gampang, coba cari dua buah toko yang agak berjauhan yang menjual barang yang sama dengan brand yang sama, dimana toko pertama sedang diskon, dan toko kedua tidak. Mungkin teman teman akan memperoleh faktanya.
Maulz bisa ilustrasikan begini

Toko 1 : Harga tas brand X 400rb rupiah diskon 50%
Toko 2 : Harga tas brand X 205rb rupiah

Terlihat bedanya?
Ya, hanya sedikit perbedaan harga, atau malah begini

Toko 1 : Harga tas brand X400rb rupiah diskon 50%
Toko 2 : Harga tas brand X 160rb rupiah

Kira kira pembeli lebih banyak kemana?
Maulz jawab pembeli lebih banyak berbondong bondong menyerbu toko 1.
Yah, banyak pembeli “buta” pada harga, dan selalu menganggap diskon itu benar benar diskon tanpa melihat kemungkin lain.
Jadi, banyak pasar menerapkan strategi diskon besar besaran ini untuk menarik minat pembeli. Memang, terlihat sangat tidak jujur, namun mau menyalahkan siapa? siapa yang bodoh dan siapa yang membodohi?.

Yah, tidak semua penjual menerapkan tipe diskon ala “nipu” ini. Ada kalanya karena terdesak butuh uang cepet, maka diberikan diskon besar besaran, atau memberi diskon pada hari spesial penjual, dan pada pelanggan setia mereka. namun ingat! penjual manapun tentu tidak mau rugi, minimal balik modal.

Jadilah pembeli yang cermat dan teliti. Sekarang sudah zamannya internet, harga harga “sebenarnya” suatu produk sudah diekspos di mana mana. Karena diskon itu hanyalah sebuah strategi.

One comment on “Balada Diskon dan Strategi Jujur

Tinggalin jejak dengan ngisi komentar ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: