27 Komentar

PATI UMM : Milih Studi di Kampus Putih? Ngapain ragu


IMG-20130717-00925

Assalamualaikum,

Hoollaa pemirsa serta pembaca setia blog paling keren se jagad raya ala Maulyadi Salasanto di pagi yang segar ini (khusus yang baca pas siang atau malem, abaikan saja). Apa kabarnya nih? Ya saya harap baik baik saja, dan tentunya masih semangat menjalankan ibadah puasanya.  Yeeakk …

Pada saat saat yang menyenangkan ini, saya ingin selalu mengingatkan agar kita senantiasa mensyukuri apa yang telah Allah SWT berikan pada kita semua, tentunya kita juga selalu berharap apa yang kita jalani selama hidup bukanlah hal yang ‘blank’ belaka.

Ga mau banyak banyak ceramah juga di waktu yang sama sekali tidak tepat ini, saya langsung saja segera menyampaikan apa yang seharusnya saya bagikan kepada seluruh pemirsa yang setia selalu mentengin blog saya ini, dan pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi cerita sekaligus pengalaman serta promosi tentang Universitas Muhammadiyah Malang, The Real University. Langsung saja simak pemirsa.

IMG-20130717-00930Logo UMM di depan Banner UMM

Pemirsa, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Timur yang berpusat di kampus III Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur deket desa Landungsari pokoknya, yang jelas nggak jauh dari terminal Landungsari itu sendiri. UMM juga telah mendapatkan akreditasi A sehingga eksistensinya sama sekali tidak kalah atau bisa dibilang setara dengan UGM, maupun UI. Oleh karena didominasi warna bangunan putih, so UMM sering disebut sebagai kampus putih.

UMM merupakan salah satu universitas yang tumbuh cepat, sehingga oleh PP Muhammadiyah diberi amanat sebagai perguruan tinggi pembina untuk seluruh PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) wilayah Indonesia Timur. Program-program yang didisain dengan cermat menjadikan UMM sebagai “The Real University”, yaitu universitas yang benar-benar universitas dalam artian sebagai institusi pendidikan tinggi yang selalu komit dalam mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi — Wikipedia

IMG-20130717-00904Nggak usah nanya saya ngapain

Saat ini  Universitas Muhammadiyah Malang punya 3  kampus yang berlokasi di 3 tempat yang berbeda, yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246. Kampus satu yang merupakan ‘awal’ dari UMM saat ini menjadikampus yang dikhususkan untuk program Pasca Sarjana. Sedangkan kampus II yang dulu merupakan pusat kegiatan utama , sekarang menjadi kampus yang dikhususkan untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Sedangkan kampus III sebagai kampus terpadu dijadikan sebagai pusat seluruh aktivitas UMM itu sendiri.

Oh ya, tidak hanya warga Malang, atau Jawa Timur saja yang bisa atau sudah menjadi bagian dari Universitas Muhammadiyah Malang ini loh, seluruh Indonesia dari sabang sampai merauke bahkan dari Luar Negeripun berhak menjadi bangian dari kampus putih ini selama memenuhi syarat tentunya, Maulz saja berasal dari Kepulauan Riau sudah menjadi bagian dari UMM. Walaupun bernuansa Islam dan keMuhammadiyahan, UMM sama sekali tidak menjadikan Islam sebagai syarat mendaftar menjadi mahasiswanya, so dari agama lain sangat terbuka luas bagi yang ingin ikut bergabung bersama UMM.

IMG-20130717-00923Bukan beriklan, tapi itu sponsornya basketball UMM

Oh ya pemirsa, karena saya sekarang lagi sibuk banget syuting di dunia lain, so saya titip sama si Maulz aja buat ngelanjutin postingannya.

Catatan : Dilarang meneruskan membaca bagi penderita *tiiiit*, si Maulz itu agal labil dan 4L4y soalnya :D piiiis

Akhir kata saya Maulyadi Salasanto selaku pemilik blog, mohon pamit pemirsa, kalo ada perlu silahkan menghubungi nomor yang tertera di bawah ini

Penampilan depan UMM dari jalan raya TlogomasKampus putih dari jalan raya Tlogomas

*iklan*

Belum pernah saya sebangga ini,

UMM- The Real University

_____________________________________

Huh, selamat pagi sobat pembaca dimanapun berada, balik lagi nih bareng Maulz pada kesempatan yang berbahagia ini. Jujur, Maulz sebenarnya capek banget, tapi karena di ancam bakalan dipecat sama bos saya Maulyadi (flowers) Salasanto itu, so Maulz dengan penuh rasa tanggung jawab beranjak dari peraduan untukmelaksanakan tugas yangmulia ini. Oh ya, sedikit klarifikasi nih ya, Maulz sama sekali nggak 4L4y kayak yang dibilangin si bos, Maulz mah masih dekat banget dari kesan normal,okeeeh. Nggak banyak curcol juga, langsung saja ya Maulz lanjutin ceritanya.

Oh ya sampai di mana tadi?

“sampai di situ Maulz!!!!” jerit bos

“oke bos, siiip”

Lanjuuuut sobat

IMG-20130717-00912Satpam ikutan nampil

Lingkungan UMM itu sejuk, bersih, rimbun, dan tentunya indah banget, ditambah lagi dengan warna dan tata gedung yang rapi membuat kampus putih ini sangat enak sekali dipandang mata, nggak salah kalo UMM juga dikenal sebagai kampus wisata, jadi UMM merupakan pilihan tepat bagi sobat sobat yang ingin melanjutkan studi setelah lulus SLTA. Tidak hanya kualitas lingkungan yang menjadikan UMM layak jadi pilihan pertama, namun kulitas pendidikan yang memang tidak kalah dengan perguruan tinggi lainnya baik negeri maupun swasta,UMM kan teraktreditasi A , so setara dong dengan UGM dan UI. Tidak hanya itu saja, fasilitas yang sangat lengkap, telah lama menjadi penunjang studi di UMM, baik yang menunjang proses akademik seperti laboratorium, e-learning, serta akses gratis hotspot, terus penunjang olahraga dan seni, UMM DOME, hingga rusunawa (asrama UMM) yang sangat membantu kemajuan semua warga UMM, ditambah lagi dengan usaha mandiri yang dikembangkan seperti Pom Bensin UMM, UMM inn, Rumah Sakit UMM, Taman Wiasata Sengkaling, dan masih banyak lagi. Karena UMM berlandaskan Islam, maka bagi sobat yang ingin memperdalam ilmu agama, maka UMM bukan pilihan yang salah.

IMG-20130717-00908UMM Dome

Ikut Maulz jalan jalan yuk ke UMM.

Ada 3 jalur utama yaitu 2 jalur depan UMM di jalan Tlogomas dan 1 jalurkeluar menuju rusunawa UMM, dan 2 jalur lain di dekat POM Bensin dan Jembatan Gantung UMM, dan beberapa jalur tikus yang bisa kita gunakan untuk melintasi UMM, dan khusus kali ini, jalan jalannya Maulz ajak ke kampus III saja, karena memang hampir semua kegiatan UMM berpusat di sini, selain itu kampus ini luas banget. Yang pertama kita bisa melewati 2 gerbang utama  UMM, gerbang I kita langsung disuguhkan dengan pamandangan asri, bersih, serta hijaunya UMM kontras dengan gedungnya yang bewarna putih, ditambah dengan tulisan Universitas Muhammadiyah Malang yang berdiriri kokoh di dekat helipad UMM. JIka melewati gerbang II, maka pemandangan pertama yang akan menyapa kita ialah megahnya masid AR. Fachruddin. kedua gerbang akan melewati jembatan yang dibawahnya mengalir sungai berantas yang berbatu. terus kita berjalan, ditepi tepinya terdapat pohon pohon rindang, dimana kita juga akan menemui gedung gedung seperti gedung perpustakaan pusat, kantin UMM, student centre, dan gedung gedung lainnya hingga terusannya kita akan sampai di GKB I (gedung kuliah bersama I) UMM dimana terdapat kolam didepannya, GKB I ini diapit oleh laboratorium Pertanian serta green house di sebelahkanan dan gedung ICT di sebelah kiri GKB I. Lanjut jalan,jangan lupa melihat ke kanan jalan, ada jembatan gantung di sana yang tembusannya ke terminal Landungsari. Tinggalkan jembatan gantung, dari GKB I, terus saja kita akan menemui GKB II, masuk lalu naik lift ke lantai 3, dan diseberangnya terdapat GKB III. Dari jalan di depan GKB II, ikuti jalan yang menurun, dan kita akan menemukan Stadion UMM hingga jalan keluar ke rususnawa UMM.

*capek, pulangnya masing masing*

IMG-20130717-00911Masjid AR. Fachruddin

IMG-20130717-00934Sungai Brantas

IMG-20130717-00902kantin UMM

IMG-20130717-00900GKB I nih

IMG-20130717-00933Wajib nyoba melintas dijembatan gantung UMM ya

IMG-20130717-00894GKB II

Karena UMM adalah kampus yang besar, maka ada banyak sekali pilihan jurusan dengan daya tampung yang juga besar, berikut daftar fakultas dan jurusan jurusannya lengkap dengan status akreditasinya (khusus D3 dan S1, program pascasarjana tidak Maulz tuliskan):

Program Diploma 3 (D3)

Terdiri dari 3 Program Diploma, antara lain:

  • Program D-3 Keperawatan (terakreditasi B)
  • Program D-3 Elektronika (terakreditasi B)
  • Program D-3 Keuangan dan Perbankan (terakreditasi B)

Program Sarjana (S1)

Terdapat 10 Fakuktas yang terdiri dari 34 Program Studi Sarjana, antara lain:

  • Fakultas Agama Islam
  1. Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) (terakreditasi A)
  2. Ahwal Al-Syakhshiyah (Syari’ah) (terakreditasi B)
  3. Ekonomi Syari’ah (prodi baru, proses akreditasi)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  1. Ilmu Kesejahteraan Sosial (KESOS) (terakreditasi B)
  2. Ilmu Komunikasi (terakreditasi A)
  3. Ilmu Pemerintahan (terakreditasi A)
  4. Sosiologi (terakreditasi A)
  5. Ilmu Hubungan Internasional (HI) (terakreditasi C)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  1. Manajemen (terakreditasi A)
  2. Akuntansi (terakreditasi A)
  3. Ekonomi Pembangunan (terakreditasi B)
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  1. Pendidikan Matematika (terakreditasi B)
  2. Pendidikan Biologi (terakreditasi A)
  3. Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (terakreditasi B)
  4. Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (terakreditasi B)
  5. Pendidikan Bahasa Inggris (terakreditasi A)
  6. Pend. Guru Sekolah Dasar (PGSD) (terakreditasi C)
  • Fakultas Teknik
  1. Teknik Mesin (terakreditasi B)
  2. Teknik Sipil (terakreditasi B)
  3. Teknik Elektro (terakreditasi B)
  4. Teknik Industri (terakreditasi C)
  5. Teknik Informatika (terakreditasi C)
  • Fakultas Pertanian dan Peternakan
  1. Agroteknologi / Agronomi (terakreditasi A)
  2. Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) (terakreditasi B)
  3. Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) (terakreditasi B)
  4. Kehutanan (terakreditasi B)
  5. Peternakan (terakreditasi A)
  6. Budidaya Perairan (Perikanan) (terakreditasi A)
  • Fakultas Psikologi
  1. Psikologi (terakreditasi A)
  • Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum (terakreditasi A)
  • Fakultas Kedokteran
  1. Pendidikan Dokter (terakreditasi B)
  • Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan
  1. Ilmu Keperawatan (terakreditasi C)
  2. Farmasi (terakreditasi C)
  3. Fisioterapi (prodi baru, proses akreditasi)

Bagi yang terkendala biaya (kebanyakan orang berpikir bahwa kuliah swasta itu mahal), jangan khawatir, karena UMM juga dikenal sebagai Universitas Murah Meriah loh, selain itu banyak sekali beasiswa yang ditawarkan baik dari pemerintah maupun instansi swasta. So jangan ragu ragu lagi, pastikan pilihan pertama sobat ada di Universitas Muhammadiyah Malang.

IMG-20130717-00895

So, bagaimana cara mendaftarkan diri?

Mudah sekali sobat, ada banyak jalur pendaftaran, jalur undangan biasanya dibuka pada bulan desember, dan juga bersamaan dengan jalur regular gelombang 1, dan jalu jalur lainnya yang bias dilihat langsung di alamat http://pmb.umm.ac.id

Comment navigation

Newer Comments →

27 comments on “PATI UMM : Milih Studi di Kampus Putih? Ngapain ragu

  1. bro, rusunawa umm bisa disewa untk umum ga? kyk ane dari jogja ke malang mo nginep di rusunawa untk bbrp hari. krna ada kegiatan di umm. mohon info ya. thx

  2. enggak kok.. yg penting belajar saja .. hahaha

  3. testx berat gak gan? tes wawancarax jga apa ada persyaratan khusus??

  4. Daya tampung farmasi tahun ini berapa gan

  5. iya.. sama sama.. sampai ketemu di UMM

Comment navigation

Newer Comments →

Tinggalin jejak dengan ngisi komentar ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: