1 Komentar

Situs SIAMnya UB bermasalah terus nih | Mau ke PTN kok sulit?


N4VR9_PHTW5 copy.

Met pagi buat sahabat sahabat Maulz yang kece kece terutama buat yang baru bangun di pagi yang mudah mudahan secerah suasanan hati hari ini. Aaamiin

Pagi ini Maulz mau sedikit berbagi cerita tentang L O V E, ha ha ha. Ya enggak lah, bagi yang matanya masih “normal” tentu bisa baca dong judul postingannya apa. Iya nih, bagi temen temen yang belum kelar juga daftar ulangnya di PTN Univ. Brawijaya pasti ngerasain perasaan gundah gulana seperti yang Maulz rasain saat ini. Gimana nggak loh, dari kemaren kemaren sering banget situsnya bermasalah kalo dibuka, dan kemarin munculnya begini

ub

Screenshoot ini Maulz ambil sekitar pukul 11 maleman lewat. Situsnya udah bermasalah dari jam 4 sorean tanggal 28 Juni 2013 (padahal kemaren2 juga bermasalah sih), yang sebenarnya bikin Maulz agak kesel sih sebenarnya sama situsnya yang PHP.
Jam 4 Sore situsnya diakses
“Untuk sementara SIAM akan mengalami gangguan pada 28 Juni 2013 mulai 16.00 sampai pukul 19.00. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi”.
Iya deh dimaafin, ditunggu jam 7 malem ini loh. Pas pukul tujuh maleman
“Untuk sementara SIAM akan mengalami gangguan pada 28 Juni 2013 mulai 16.00 sampai pukul 21.00. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi”.
WHAAT!! masih gangguan ya?? kenapa oh kenapa??
Lagi lagi masih gangguan, ada apa ini?? Oke deh ga apa apa, ditunggu lagi depan komputer sampai pukul 9 malem, da lalu . . . .
“Untuk sementara SIAM akan mengalami gangguan pada 28 Juni 2013 mulai 16.00 sampai pukul 24.00. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi”.
PASRAH *hening*
_______________________________________
Sebelumnya Maulz pengen ngucapin SELAMAT ULANG TAHUN untuk sahabat Maulz yang ke 18, Defri Safaroni. Semoga Selalu sehat, Tidak ada masalah yang akan datang, dan Bisa menggapai cita cita. AAmiin
_______________________________________

Siip, Jam 2 Pagi Maulz bangun untuk nyoba buka lagi situsnya, tapi sayangnya komputer lagi dipake anak anak asrama buat main game, jadilah jam 3 sore baru Maulz bisa make. anak anak udah pada tidur soalnya.
Alhamdulillah pagi yang banget itu semuanya lancar lancar saja, registrasi pun Maulz lanjutkan untuk melengkapi biodata yang belum sempet Maulz lengkapi beberapa hari yang lalu.

Serius, pas sesi terakhir waktu cetak Form 1 – 7, Maulz kaget banget sama persyaratannya yang banyak banget. Mulai dari data pribadi Maulz dan orang tua berupa fotokopi Kartu Keluarga, Rapor dan Ijazah, slip gaji orang tua, hingga hal hal seperti fotokopi rekening listrik, air, telpon, pajak, bahkan STNK motor harus disiapkan. Sebenranya sih bukan hal yang terlalu berat sih kalo dipikir pikir, ya itu sih bagi yang deket deket Malang, gimana dengan yang jauh? apalagi yang asalnya dari luar pulau jawa? padahal yang ingin diharapkan cuma agar bisa kuliah bagus dan murah di PTN.
Maulz nggak tau gimana kisah temen temen yang lain, beberapa temen yang Maulz sempat kenal pas verifikasi rapor SNMPTN 2013 juga mengeluhkan hal yang sama, so Maulz mau berbagi gimana kisah Maulz saja di sini.

Maulz tentunya dengan segera menyiapkan segala berkas yang dapat segera Maulz siapkan seperti Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran. Masalah yang lain muncul, rekening listrik, air, telpon, pajak, STNK motor, dan Ijazah masih di Natuna, Kepulauan Riau. Dengan segera Maulz menghubungi orang tua dan juga meminta bantuan guru di sana untuk melengkapi persyaratannya. Karena kalo dikirim lewat ekspedisi nggak cukup waktu lagi, Maulz minta semuanya di scan saja, tapi masalahnya keluarga cuma punya rekening listrik, pajak, sama STNK motor, sementara rekening air, telpon, dan slip gaji , keluarga Maulz tidak punya. Untuk air kami masih menggunakan aliran sungai dan sumur, tidak memakai telepon rumah, dan untuk slip gaji ya nggak ada buat Nelayan kan?. Pas cek cek lagi form nya, untuk persyaratan yang nggak bisa disediakan, maka wajib membuat surat pernyataan dari RT/RW dan disahkan oleh Lurah/Kepala Desa setempat. Maulz bingung banget sampai nangis juga saking khawatirnya ga bisa melengkapi semua persyaratan tersebut, gimana enggak, melengkapinya lebih sulit dari salto dan kayang. Ceritanya begini, untuk persyaratan yang sudah ada memang tinggal ke warnet lalu scan dan kirim, masalahnya Ayah Maulz tinggal di desa deket pulau yang tidak ada fasilitas internetnya, jadi Ayah harus nyebrang laut untuk ke Kabupaten yang memang jauh lebih lengkap sarananya. Biar nggak bolak balik, Ayah ngurus dulu ke RT sama Kades semua persyaratan yang nggak ada. Ngurus ke RT gampang, tapi ngurus ke Kadesnya yang ada kendala lagi nih, Jauh. Tapi kata ayah nggak apa apa, yang penting bisa dapet kuliah yang bagus.
Hari ini Ayah masih menyelesaikan berkas yang belum ada, dan besok baru bisa ke kabupaten karena memang transportasi lautnya nggak setiap saat ada.
Yang Maulz khawatirkan kalau kalau ada yang terlewatkan, dan bikin Ayah bolak balik nantinya, dan insyallah Maulz harap semuanya lancar, udah berkali kali cek juga soalnya. Aaamiin
.
Untuk ceritanya belum sampai disitu saja, saat mau mencetak form nya yang belum dicetak, malah tiba tiba situsnya UB bilang gini
“Maaf terjadi gangguan untuk beberapa saat pada aplikasi siam.ub.ac.id…” – tanggal 29 Juni 2013 pukul 10 Pagi
Astaghfirullah, Maulz nggak bisa ngomong apa apa lagi *

Buat pihak UB, Maulz cuma bisa nunggu saja semuanya diperbaiki dan Maulz dan teman teman lainnya harap kedepannya nggak ada masalah seperti ini lagi ya, siip.
—————-
Ternyata tidak hanya Maulz yang daftar di UB yang kesulitan dengan persyaratannya yang ‘ribet’ itu, temen Maulz yang diterima di PTN lain lokasi Sumatera dan Kalimantan juga ngedapetin masalah yang sama.
“Ribeeeet Mulll, Bingung ku. Au daftar ulang UB payah ndek (terjemahan. Ribet Mul, Bingung Aku. Kamu daftar ulang UB sulit nggak?)” kata salah satu temen Maulz, Ririn.
Dari informasi yang Maulz dapet diinternet, semua persyaratan itu digunakan untuk menentukan seberapa besar UKT (uang kuliah tunggal) bagi setiap mahasiswa baru untuk tahun 2013 ini, jadi semua biayanya disesuaikan dengan kondisi ekonomi keluarga mahasiswa. UKT itu sendiri adalah biaya yang kita bayarkan tiap semester, dan itu satu satunya biaya yang dibayarkan, jadi kita nggak bayar biaya pembangunan, sks, atau biaya registrasi lagi.
Menurut Maulz ini merupakan terobosan yang lumayan bagus karena akan lebih meringankan beban kuliah bagi mahasiswa yang ekonominya pas pasan, untuk jurusan Maulz sendiri dibagi beberapa golongan yang kisaran biayanya dari 500ribu sampai dengan 9 juta rupiah, yang memang untuk tiga golongan bawah lumayan murah banget untuk bisa kuliah di PTN sekelas UB.
———————
Maulz ngucapin terimakasih banyak kepada UB yang telah meluluskan Maulz pada SNMPTN 2013 ini, sebuah kehormatan yang sangat besar bisa lulus di PTN sekelas Universitas Brawijaya. Maulz juga berharap kepada pemerintah yang tentunya punya andil besar dalam mengatur suatu PTN, agar lebih dipermudah agar semua golongan dapat menikmati pendidikan di PTN denan mudah pula.
Dan buat temen temen lain yang merasakan kesulitan yang sama, Maulz berdoa semoga semuanya lancar dan kita bisa menikmati pendidikan yang berkualitas tentunya.snmptn

One comment on “Situs SIAMnya UB bermasalah terus nih | Mau ke PTN kok sulit?

  1. wah selamat ya gan ….sori saya masi baru gan….

Tinggalin jejak dengan ngisi komentar ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: